Senin, 04 April 2011

Rencana Tuhan Tak Pernah Gagal

bacaan: Yesaya 1:21-2:5

Bangsa Yehuda dan Yerusalem telah gagal memenuhi harapan TUHAN, padahal mereka telah dipilih Allah untuk menjadi umat TUHAN. Kegagalan mereka tidak menggagalkan rencana TUHAN atas umat-Nya.

Kita ketahui bersama bahwa bangsa Israel adalah bangsa pilihan TUHAN untuk memasyhurkan nama-Nya ke semua bangsa di muka bumi. Sebagai umat TUHAN, sepatutnya bangsa Israel menyatakan kehidupan yang sesuai dengan panggilan TUHAN kepada mereka. Umat TUHAN seharusnya setia kepada TUHAN serta menyatakan keadilan dan kebenaran, tetapi yang terjadi adalah sebaliknya. Pemimpin bangsa ini telah gagal, baik dari segi kebenaran maupun keadilan karena mereka tidak setia kepada TUHAN. Kejadian seperti ini membuat TUHAN bertindak untuk memurnikan mereka. Didikan TUHAN merupakan didikan yang keras kepada para pemimpin bangsa. Namun, ada dua hal yang sangat indah, yaitu: Pertama, TUHAN tidak membuang umat pilihan-Nya. Kedua, Ia akan menggenapi janji-Nya bahwa dari Yerusalem akan keluar pengajaran serta pelbagai bangsa dan suku bangsa akan datang berduyun-duyun ke Yerusalem untuk mendapatkan pengajaran firman TUHAN. Dengan memandang kesetiaan TUHAN atas umat-Nya dan atas janji-Nya, TUHAN mengajak umat-Nya untuk hidup di dalam terang TUHAN.

Orang Kristen adalah orang yang dipilih TUHAN. Kita dipanggil bukan hanya untuk menikmati hak istimewa sebagai anak-anak Allah, tetapi juga untuk memasyhurkan nama TUHAN di muka bumi. Walaupun kegagalan adalah bagian dari kehidupan kita, pesan firman TUHAN hari ini adalah bahwa TUHAN tidak pernah gagal dalam menggenapi rencana-Nya. Jadi, jangan menyerah, tetapi tetaplah tekun mengikut TUHAN. [RAAL]

Yesaya 2:5
"Hai kaum keturunan Yakub, mari kita berjalan di dalam terang TUHAN!"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar